Dinas Sosial Medan akan Serahkan Bayi yang Dibuang ke Panti Asuhan

    • Posted: 01-Nov-2017
    blog image

    Dinas Sosial Medan akan Serahkan Bayi yang Dibuang ke Panti Asuhan

    Pihak Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Medan akan menangani bayi-bayi yang ditelantarkan oleh orangtuanya.

    Kepala Bidang Pelayanan Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Medan, Zailun mengatakan, dalam menangani bayi yang dibuang, pihaknya hanya sekadar mengambil bayi tersebut dari rumah sakit yang merawat untuk kemudian diserahkan ke panti asuhan

     

    Sejauh ini, untuk kasus teranyar pembuangan bayi, pihak Dinas Sosial belum dapat menyerahkan ke panti asuhan karena masih harus dirawat di rumah sakit.

    "Kami tadi sudah ke (RS) Elisabeth). Masih dirawat sama mereka. Belum diserahkan ke kami, jadi belum bisa kami serahkan ke panti," ujar Zailun, Selasa (15/3/2016).

    Sedangkan untuk bayi yang ditemukan di di pagar rumah warga di Jalan Bengkel, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur yang kemudian dirawat di RSUD Pirngadi Medan, Dinas Sosial sama sekali belum mengetahui dan baru tahu setelah www.tribun-medan.com hendak meminta tanggapan.

    "Inilah mau kami cek dulu ke sana (RSUD Pirngadi Medan). Kami tengok dulu perkembangannya," kata Zailun.

    Ditanya apa saja langkah yang dilakukan pihaknya untuk mencegah pembuangan bayi terjadi lagi, Zailun tidak dapat memaparkan.

    "Ya, gimana lah mau kami bilang. Itu, kan, banyak faktornya. Pertama mungkin itu hasil pasangan selingkuh. Atau karena faktor ekonomi. Atau bisa juga hamil di luar nikah," katanya.

    Disampaikan Zailun, bagi masyarakat yang merasa tidak sanggup mengurus bayi, sebaiknya menyerahkan ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja untuk ditangani.

    "Kalau tidak mampu, serahkan ke kami. Jangan dibuang. Buat pernyataan, nanti pihak Dinas Sosial akan menyerahkan ke panti. Persyaratannya tidak ada. Hanya buat surat pernyataan tidak mampu saja," ujarnya.

    (amr/tribun-medan.com)